Tangkapan Hari Itu

Sedikit aneh memang ... selama ini aku yakin kebenaran mutlak akan ditemukan jika kita melihat sesuatu dari segala sisi. Tetapi, salah seorang dosen hebat, menyatakan bahwa hal itu tidaklah benar. Ia memberikan pendapatnya, dan aku memilah, mengunyahnya lantas kemudian menelan dan menyimpulkan senyum di bibir. Berikut gagasan beliau:

Mustahil seorang manusia bisa mencapai kebenaran jika melihat dari segala sisi. Namun lain halnya jika seseorang mengosongkan gelasnya sebelum melihat hal itu. Tuangkan isi yang tersedia di hadapannya, dan telaah dengan pandangan objektif. Jika terkait suatu keilmuan, lantas hadapi dengan keilmuan tersebut. Misalnya tentang politik, duduklah dengan pemahaman politik juga atau setidaknya dengan ilmu yang berkaitan dengan masalah tersebut. Jika tak punya dasar, lantas pahami terlebih dahulu. Isi gelas kosongmu itu. Dan jangan lupa buang segala sisi kepentingan atau menghubung-hubungkannya dengan paham lain. Sekarang ini semua hancur karena beberapa orang mencampur aduk semuanya.

Beliau memang membuka sebuah pintu baru di kepalaku. Lain waktu aku akan dengan hati berdiskusi bersama beliau di ruangannya.

Komentar

Postingan Populer