Ceracau

"Tuhan menciptakan manusia, atau manusia yang menciptakan Tuhan?"

Aku lupa di mana aku membaca kutipan di atas, tapi ... hari ini kutipan itu terlintas di benakku saat kulihat betapa Tuhan seorang manusia itu!

Seperti yang tertulis di dalam kitab bahwa manusia segambar dan serupa dengan Tuhan, jadi muncul kemungkinan bahwa Tuhan adalah manusia. Jujur, aku semakin yakin sebab dalam ajaran Kristen Tuhan dipandang sebagai Bapa. Akan tetapi, aku bukannya meragukan keberadaan Tuhan, melainkan ingin menyadarkan bahwa Tuhan itu siapa di mata saudara-saudari.

Kalian tahu CCTV, sebuah sistem keamanan yang merekam semua aktivitas manusia di lokasi tertentu. Aku menyadarinya, bahwa manusia hampir mendekati Tuhan dengan memantau seluruh gerak-gerik manusia lainnya. Hampir. Jika kalian berpikir Tuhan itu memantau seluruh kegiatan anak-anaknya, maka Tuhan yang di hati kalian hanya sejenis CCTV tingkat lanjut!

Apakah Tuhan itu CCTV? tentu tidak! Dan jika kukatakan Tuhan adalah sesosok yang baik seperti pemuka agama yang selalu meneduhkan hati dan jiwa pengikutnya, jawabannya juga tidak! Jika iya pasti tak segitu banyaknya orang gila di luar sana. Atau Tuhan adalah pedoman antara benar atau salah? Jawabanku masih juga tidak! Jika iya, maka terbuktilah manusia yang menciptakan Tuhan. Sebab kebenaran dan ketidakbenaran tidak dinamis antara yang satu dengan yang lain.

Aku masih terjebak dalam tanya. Tapi Tuhan yang ada di kepalaku, adalah sosok yang mengatasi sosok lainnya. Semua adalah Tuhan, semua juga bukan Tuhan. Aku tak tahu bagaimana ajaran twntang Tuhan dalam kepercayaan lainnya, tapi aku ingin katakan bahwa jangan sambungkan Tuhan dengan apapun yang ada di dunia ini. Dia terlalu suci untuk kau bawa-bawa ke dalam masalahmu. Namun jangan juga lepaskan Tuhan dari seluruh kegiatanmu. Dia akan kesepian jika kau tinggalkan. Jadi, jangan bawa Tuhan untuk membantumu, tapi ajak dia menemanimu.

Komentar

Postingan Populer